Cara Mudah Root Smartphone Lenovo K5 Plus

Rooting ponsel android adalah memodifikasi sistem operasi pada smartphone agar bisa mendapatkan akses tanpa batas. Memodifikasi sistem operasi tersebut bisa menambah, mengurangi, atau merusak aplikasi bawaan didalamnya. Salah satu posel android yang bisa dilakukan rooting adalah Lenovo K5 plus.

Rooting Lenovo K5 plus ini bisa dilakukan oleh pemula. Namun ketahui dulu cara root Lenovo K5 plus yang benar.

Cara Mudah Root Smartphone Lenovo K5 Plus

  1. Sebelum melakukan rooting, backup semua file yang ada pada ponsel. File tersebut bisa foto, video, kontak, dan lain sebagainya baik di memori internal maupun eksternal.
  2. Langkah kedua mulai lakukan rooting. Kita akan membutuhkan komputer untuk melakuakn hal ini. Cara root Lenovo K5 plus yang awal yaitu mengaktifkan USB debugging dan OEM. Buka pengaturan, tentang perangkat, info, dan nomor versi. Lalu buka hinga muncul opsi pengembang.
  3. Kemudian, agar USB debugging aktif, centang menu debugging USB. Begitu juga dengan OEM.
  4. Cara root Lenovo K5 plus selanjutnya adalah dengan mengunduh dan menginstal driver Lenovo K5 plus ke komputer. Driver tersebut bisa Anda dapatkan di internet. Hubungkan ponsel menggunakan USB, lalu restart ponsel terlebih dahulu.
  5. Kita juga perlu mengunduh Minimal ADB dan Fastboot dalam format aip serta SuperSU v2.46. Agar cara root Lenovo K5 plus dapat berjalan. Simpan unduhan di komputer.
  6. Pindahkan file Update-SuperSU-v2.46 dalam format zip ke memori telepon di ponsel. Lalu unzip file Minimal ADB dan Fastboot.
  7. Selanjutnya kita akan mulai rooting. Cara root Lenovo K5 plus yaitu buka folder dalam bentuk zip Minimal ADB dan fastboot. Didalamnya terdapat file py_cmd.exe lalu jalankan. Pastikan ponsel terhubung dengan komputer.
  8. Kemudian setelah command prompt terbuka, akan muncul kolom perintah. Ketik kata adb device pada kolom tersebut lalu tekan enter. Apabila tidak ada masalah, maka akan muncul daftar perangkat.
  9. Setelah itu akan muncul kolom perintah lagi sebanyak tiga kali. Isi kolom tersebut secara urut yaitu adb reboot bootloader, fastboot devices, dan fastboot flash recovery recovery.img.
  10. Matikan ponsel Lenovo K5 plus, lalu nyalakan kembali dengan menekan tombol volume up dan power secara bersamaan.
  11. Setelah itu akan muncul pilihan menu, pilih recovery. Ponsel akan ada dalam mode TWRP recovery. Kemudian instal file zip yang sudah di copy ke memori telepon ponsel. Pilih Update-SuperSU-v2.46 dan Yes-instal SuperSU.zip.
  12. Jika sudah, maka tekan tombol kembali dan reeboot sistem. Maka ponsel Anda akan restart dengan sendirinya. Dengan begitu cara root Lenovo K5 plus sudah berhasil.

Nah, cukup mudah bukan melakukan rooting pada smartphone Lenovo K5 plus. Kini kita bebas memodifikasi aplikasi yang ada didalamnya. Sekian ulasan cara root Lenovo K5 plus kali ini, dan selamat mencoba.