Jangan Katakan Ini Saat Sedang Traveling!

Berpikirlah sebelum berbicara, mungkin saran bijak ini bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari, terlebih lagi saat sedang traveling.

Jangan Katakan Ini Saat Sedang Traveling!Sumber : Shutterstock

Alangkah baiknya jika sedang traveling, kamu tidak mengatakan tujuh kalimat ini:

  1. Do you speak English?”

Ada baiknya kamu mempelajari kalimat standar yang digunakan masyarakat lokal di destinasi liburan yang akan kamu tuju.

Contohnya, seperti “Tolong”, “Halo”, “Terima kasih”, “Tidak, terima kasih”, “Dimana toiletnya?”,Berapa harganya?” dan kalimat standar lainnya.

Jika pada akhirnya kamu ingin mengucapkan “Do you speak English?” Usahakan mengucapkan kalimat tersebut dalam bahasa lokal. Hal ini menunjukkan penghargaan dan penghormatan kepada masyarakat lokal.

Biasanya, penduduk lokal akan lebih responsif dan mau membantu orang-orang yang tidak beranggapan bahwa semua penduduk di dunia harus berbicara dalam bahasa Inggris.

  1. “Wah, makanannya enggak enak nih”

Jika kamu tidak suka hidangannya ada baiknya kamu diam saja, karena dikhawatirkan kamu akan mengecewakan sang pemilik restoran ataupun pelanggan di sana.

Jadi perhatikan perkataan kamu, karena bisa saja pelanggan lain beranggapan tak sama seperti kamu. Ingat, selera orang berbeda-beda lho.

  1. Enggak mau ke sana ah, soalnya belum pernah lihat di internet”.

Ulasan mengenai suatu destinasi wisata di situs-situs travel memang penting, namun bukan berarti menutup diri pergi ke tempat-tempat baru yang belum pernah ditulis.

Faktanya, terlalu bergantung pada ulasan-ulasan orang di situs travel malah membuat kamu kehilangan kesempatan untuk menemukan suatu tempat wisata baru yang unik dan baru lho. Jadi jangan takut mengeksplore lebih dalam ya!

  1. “Saya tersesat. Saya menginap di [menyebutkan nama hotel]…”

Saat kamu tersesat, jangan pernah sekalipun memberi tahu tempat kamu menginap kepada orang yang baru pertama kali kamu temui.

Faktanya, banyak lho traveler yang menjadi korban tindak kriminal karena melakukan hal yang terbilang sepele ini, mungkin saja kamu bisa diculik, dirampok, Wah serem kan!

  1. “Bisakah saya menukar uang?”

Ada baiknya kamu tidak pernah menanyakan, meminta dan menukar uang kecil kepada pemandu wisata, pegawai kebersihan hotel, pelayan, dan orang-orang lain yang tidak berada di balik mesin pembayaran.

Maka dari itu, sebelum liburan kamu sebaiknya menyiapkan pecahan uang kecil dalam mata uang negara setempat sebelum kamu berangkat liburan.

Dan ada baiknya lagi, sebelum kamu liburan, cobalah untuk mengecek kembali harga tiket semua maskapai agar kamu tiket Kalstar, Garuda Indonesia, AirAsia dengan harga terbaik.

  1. “Saya liburan sendiri nih”

Solo traveling lebih sering jadi target kejahatan, terutama bagi kamu yang perempuan.

Jadi apabila ada orang yang tidak dikenal mendekati kamu dan bertanya kamu traveling bersama siapa, tak masalah kok untuk berbohong dan mengatakan kamu traveling bersama rombongan yang sedang pergi sebentar ke tempat lain.

Related posts