Jenis AC – Keunggulan Dan Kelemahannya

Jenis AC - Keunggulan Dan Kelemahannya

Ac adalah mesin yang dirancang untuk menstabilkan suhu udara, mendinginkan, dan mengatur kelembaban suatu tempat atau area tertentu. AC sudah menjadi kebutuhan pokok khususnya di area perkantoran guna menunjang produktivitas pekerja agar lebih efektif dan efisien.

AC juga digunakan pada pusat perbelanjaan agar para customer lebih nyaman mengitari atau berada di pusat perbelanjaan tersebut. Pada dasarnya, AC yang diproduksi dipasar dibagi menjadi 3 jenis yaitu AC standar, AC low watt dan AC inverter dengan kelebihan dan kekurangan masing – masing. Adapun kelebihan dan kekurangan dari ketiga jenis tersebut diantaranya :

  1. AC Standard

AC standard pada umumnya memiliki daya listrik kurang lebih 800 watt. Daya yang digunakan untuk AC Standart ini memang tergolong cukup tinggi, namun ketika suhu ruangan berada pada titik yang diharapkan, maka AC outdoor akan otomatis off, hanya AC Indoor saja yang menyala. Sehingga kosumsi daya yang dibebankan oleh AC Outdoor dapat berkurang. Namun, ketika suhu udara mulai panas, sensor akan menghidupkan kembali AC Outdoor secara otomatis untuk menstabilkan suhu pada titik yang diharapkan.

  • Kelebihan AC standard : memiliki harga yang relatif lebih murah, juga bisa mendinginkan suhu pada ruangan lebih cepat. Biaya perawatan AC standard ini pun lebih murah.
  • Kekurangan AC Standard : AC jenis ini lebih boros listrik. Karena dibutuhkan daya listrik besar untuk mennghidupkan bagian Indoor dan Outdoor AC.
  1. AC Low Watt

AC jenis low watt ini merupakan sebuah inovasi untuk memenuhi kebutuhan para konsumen yang terkendala masalah daya listirk. Pada dasarnya, bukan untuk menghemat daya listrik tetapi agar AC dapat digunakan untuk rumah yang daya listriknya kecil. Meski demikian AC jenis Low Watt lebih lama dalam mendinginkan ruangan dibanding AC Standart.

  • Kelebihan AC Low Watt : mengonsumsi daya listrik lebih hemat daripada AC standard.
  • Kekurangan AC jenis low watt : untuk mendinginkan ruangan lebih lama dibandingkan dengan AC standar, begitu juga dengan kompressornya.
  1. AC Inverter

AC Inverter merupakan salah satu inovasi dibidang AC dimana perangkat AC dipasang sensor yang berfungsi sebagai pengatur kinerja kompressor. Apabila udara telah mencapat titik dingin, maka sensor yang terpasang pada kompressor akan mengatur penggunaan arus listrik begitupula dengan dayanya. Putaran dari kompresor akan melambat seiring dengan dinginya suhu ruangan untuk menghemat penggunaan listrik. Sehingga bisa didapatkan suhu ruangan yang stabil.

  • Kelebihan AC Inverter : dapat menghasilkan suhu yang menjadikan ruangan lebih stabil.
  • Kekurangan AC inverter : untuk harganya lebih mahal dibandingkan dengan tipe low watt, dan perawatan relative lebih mahal.

Dan itulah sedikit penjelasan mengenai jenis AC Standar, AC Low Watt dan AC Inverte beserta kekurangan dan kelebihannya agar Anda dapat menentukan AC mana yang cocok dan sesuai dengan penggunaan.

Related posts