Friday, 5 Jun 2020

9 Cara Meredakan Nafas Bayi Bunyi Yang Mudah Dilakukan

9 Cara Meredakan Nafas Bayi Bunyi Yang Mudah Dilakukan

Merawat bayi yang baru lahir memang membutuhkan suatu kesabaran. Bayi yang baru lahir memang membutuhkan suatu perawatan yang sangat ekstra. Karena bayi yang baru lahir sangat rentan, anda bisa membuat lebih nyaman bagi anda dengan memberikan perawatan yang terbaik untuk bayi. Banyak sekali bayi yang masih belum nyaman ketika waktu – waktu tertentu. Bayi tidak nyaman bisa ditandai dengan nafasnya yang berbunyi. Tentu saja anda sebagai orang tua harus mengerti kapan bayi anda sedang tidak nyaman.

Jika anda melihat atau mendengar nafas bayi yang tidak seperti biasa, anda bisa melihat dan menyelesaikan persoalan tersebut. Tanda nafas bayi bunyi yang tidak nyaman bisa anda dengarkan dari tanda tanda berikut ini :

  • Mendengkur

Jika anda mendapati bayi anda sedang mengeluarkan napas seperti dengukuran, ini berarti menandakan bahwa bayi anda belum bernapas dengan baik. Bayi yang mendengkur harus anda cari tau penyebabnya dan tentu saja harus anda lakukan sesuatu. Jika bunyi nafas bayi anda mendengkur, ini bisa menjadi penanda bahwa bayi anda sedang mengalami kelainan yang terjadi pada tenggorokan atau juga pita suaranya, bisa jadi ini merupakan suatu pertanda akan sakit yang dialami seperti batuk atau juga demam.

  • Napas mengi

Jika anda mendapati bayi anda sedang mengalami bunyi napas yang mengi atau meninggi, anda haru segera mencari tau penyebab mengapa bayi anda bisa bernapas seperti itu. Bunyi napas yang tinggi bisa disebabkan karena peradangan atau juga karena permasalahan pada pernapasannya. Anda harus segera mengetahui penyebabnya.

Ada beberapa cara yang harus anda lakukan ketika anda mendapati bahwa bayi anda mengeluarkan bunyi yang tidak biasa. Hal ini bisa menjadi solusi yang bisa anda lakukan ketika mengalami hal itu.

  • Keluarkan lendir

Jika anda mendapati bayi anda mengeluarkan bunyi nafas yang tidak biasa, anda bisa segera mengecek dengan pernapasannya, apakah ada lender yang terdapat dalam hidung sehingga menjadikan anak anda kesulitan dalam bernapas. Anda bisa juga menjaga agar bayi jangan sampai terkena flu agar tetap sehat dan bisa bernapas dengan normal.

  • Menjaga kelembaban udara

Menjaga kelembaban udara di sekitar bayi akan menjadi hal yang sangat membantu jika anda mendapati bayi anda tengah kesulitan dalam bernapas. Hal ini tentunya akan membantu bayi anda agar sehat dan tidak kesulitan bernapas

  • Jemur bayi dengan rutin

Salah satu hal yang bisa membuat bayi anda sehat dan tidak mengeluarkan bunyi pada saat bernapas adalah dengan rutin menjemur bayi pada saat pagi hari, vitamin D sangat baik untuk bayi dan dapat membuatnya lebih kuat dalam meningkatkan imun tubuhnya. Jemur secara rutin dan juga teratur dan anda juga akan bisa membuat bayi anda menjadi lebih sehat dan tidak mengeluarkan bunyi saat bernapas lagi.

  • Terapi uap

Terapi uang adalah salah satu hal yang bisa dilakukan ketika bayi anda sudah terlalu parah ketika bernapas dan juga tidak bisa anda tangani sendiri. Bayi anda harus diterapi uap dan ini membutuhkan banyak upaya yang lebih dari anda. Anda bisa meminta rekomendasi dari ahli yang bisa membuat anda lebih banyak informasi tentang terapi uap ini.

  • Lebih banyak ASI

ASI merupakan salah satu hal terbaik yang akan memberikan bayi anda punya banyak nutrisi yang diserap dalam tubuhnya. Rutin memberikan ASI akan membuat bunyi napas bayi menjadi lebih baik.

shares