Tuesday, 23 Apr 2019

Alasan Mengapa Eprocurement Indonesia Makin Dilirik Pengusaha

Alasan Mengapa Eprocurement Indonesia Makin Dilirik Pengusaha

Setiap kegiatan bisnis pasti membutuhkan pengadaan barang ataupun jasa, mulai dari pemenuhan perlengkapan usaha sampai pengadaan produksi. Semua barang atau jasa tersebut harus terpenuhi untuk menunjang operasional bisnis. Kini, sistem eprocurement Indonesia memudahkan mekanisme pengadaan. Prosesnya sangat menunjang, sehingga banyak dilirik pengusaha.

  1. Proses Lebih Praktis

Sebenarnya, proses pengadaan merupakan tahap inti yang sangat dibutuhkan sebagai penggerak kegiatan operasional perusahaan. Tanpa melakukan pengadaan, tentu saja berbagai kebutuhan tidak terpenuhi dan tidak bisa melakukan kegiatan apapun. Dalam menunjang pemenuhan kebutuhan, diadakanlah pengadaan.

Sistem pengadaan yang baik tentunya harus sesuai kebutuhan. Untuk itu, setiap perusahaan harus menyesuaikan antara pembelian dengan kebutuhan barang serta jasa. Melalui pengadaan secara online atau eprocurement, proses akan lebih mudah dan cepat. Prosesnya yang praktis ini dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun, sehingga pihak operasional bisa mengontrol dengan baik.

Sistemnya juga terpadu, sehingga bisa mendapatkan semua barang atau jasa dalam satu pihak penyedia. Saat ini, sudah banyak platform terpercaya yang mampu memfasilitasi pengadaan sesuai kebutuhan. Proses persetujuan hingga pembayaran bisa berjalan lebih cepat. Kerja sama dengan berbagai vendor juga menjamin terpenuhinya kebutuhan perusahaan.

  1. Pemakaian Anggaran Lebih Transparan

Anggaran yang dikeluarkan perusahaan sudah tentu akan diaudit dan harus efektif dalam pemakaiannya untuk menekan bujet. Dalam sistem eprocurement, transparansi lebih diutamakan karena semua data transaksi tersimpan di platform serta dapat dilihat siapapun yang terlibat di dalamnya.

Dengan sekali klik saja, Anda sudah melihat transaksi sebelumnya, transaksi dalam tahap proses, dan rencana pengadaan berikutnya. Sistem pelacakan transaksi yang terintegrasi juga memudahkan pihak jasa pengadaan untuk menjalankan mekanisme sesuai permintaan pelanggan.

  1. Penghematan Bujet

Sistem eprocurement Indonesia sudah berkualitas dengan menerapkan penghematan bujet. Anda dapat menekan anggaran karena prosesnya yang berbasis media online, sehingga paperless. Sistem pengadaan online ini hanya memerlukan data dalam bentuk softfile, bukan hardfile. Perusahaan tidak perlu mencetak berbagai dokumen pendukung transaksi.

Pencarian informasi terkait eprocurement juga sangat mudah dan bisa dilakukan secara online lewat gadget yang terkoneksi ke internet. Para pengusaha akan lebih mudah mencari informasi yang lengkap dan paling sesuai dengan kebutuhan pengadaan.

  1. Mudah Melakukan Integrasi

Integrasi adalah hal yang sangat penting dalam proses pengadaan. Hal tersebut karena menyangkut pengelolaan keuangan perusahaan. Dengan sistem eprocurement, koordinasi antara pihak keuangan dan operasional dapat berjalan lancar karena akses data yang mudah. Pemeriksaan transaksi jadi mudah dilakukan.

  1. Membantu Menganalisis Pola Pengadaan

Platform dalam eprocurement juga sudah mempunyai program khusus yang membantu proses pengadaan otomatis. Meski demikian, tim pengadaan perlu memastikan terlebih dahulu perlengkapan yang akan dipesan agar sesuai kebutuhan, sehingga pemakaian anggaran bisa tepat guna. Alangkah baiknya, kebutuhan tersebut dikelompokkan dalam jangka pendek dan panjang.

  1. Menghindari Kerugian

Kerugian adalah suatu risiko yang secara otomatis dihindari oleh setiap perusahaan. Dalam setiap kegiatan operasional, tentu perusahaan berupaya menurunkan risiko penyebab kerugian. Salah satunya adalah dalam pengadaan yang rawan menimbulkan risiko yang tidak sedikit. Metode eprocurement mampu meminimalisir hingga menghindari terjadinya kerugian tersebut.

Sistem eprocurement menerapkan prinsip kehati-hatian, sehingga setiap langkah yang dilakukan akan terpantau serta bersifat transparan. Hal tersebut dapat dipraktikkan dengan adanya pemberitahuan vendor penyedia kebutuhan di platform yang bersangkutan. Di sana, sudah tertera nama vendor, barang yang tersedia, hingga tingkat harga yang ditawarkan.

Berbagai hal tersebut melatarbelakangi para pengusaha menyambut baik sistem eprocurement. Berbagai platform eprocurement Indonesia sudah memfasilitasi proses pengadaan jadi lebih cepat dan lengkap. Semua kebutuhan barang dan jasa dapat dipenuhi. Salah satunya adalah Mbizmarket sebagai platform andalan dilengkapi dengan strategi pengadaan yang tepat.

shares