Sunday, 7 Jun 2020

Inilah 5 Tahap Tumbuh Kembang Bayi Usia 0-12 Bulan yang Penting untuk Anda Ketahui

Inilah 5 Tahap Tumbuh Kembang Bayi Usia 0-12 Bulan yang Penting untuk Anda Ketahui

Anda mungkin sudah mengetahui bahwa bayi memiliki beberapa tahapan dalam tumbuh kembangnya. Mengenali perkembangannya menjadi hal penting untuk dilakukan oleh para orang tua. Anda akan memberikan rangsangan yang tepat terhadap perkembangannya dengan mengenali tumbuh kembang anak Anda.

Selain itu, mengenali tumbuh kembang anak juga bertujuan untuk menangani masalah atau gangguan yang timbul pada perkembangannya. Lalu bagaimana sebenarnya tahapan tumbuh kembang bayi tersebut? Simak ulasan berikut ini.

Usia 0-1 Bulan

Perlu diketahui, bayi akan kehilangan sekitar 10% berat badannya pada usia 2 hari. Karena ini merupakan hal yang normal, Anda disarankan untuk tidak khawatir. Berat badan tersebut akan kembali setelah usianya memasuki minggu kedua. Pada tahapan ini, bayi akan mengalami kenaikan berat badan 30 gram setiap harinya.

Pada periode ini akan terjadi penambahan panjang badannya sekitar 3-4 cm dalam 1 bulan. Perkembangan lainnya akan terlihat pada ukuran lingkar kepalanya yang akan bertambah hingga 2,5 cm. Adapun dari perkembangan penglihatannya, Anda akan melihat mata bayi yang normal namun terlihat kabur atau belum fokus dan terkadang sampai terlihat seperti juling.

Usia 1-3 Bulan

Pada tahap tumbuh kembang bayi ini akan terjadi penambahan berat badan sekitar 680-910 gram, panjang bada sekitar 2,5 cm dan lingkar kepala 1,25 cm. Perkembangan tersebut akan terjadi pada setiap bulannya.

Pada tahap ini juga terjadi perkembangan pada respon penglihatannya. Bayi sudah mulai bisa merespons saat ada gerakan benda dan cahaya disekitarnya. Di usia 1 – 3 bulan, bayi juga sudah mampu mengangkat kepala dan dadanya, memainkan kaki dan jari tangannya, menggenggam benda, dan membedakan suara-suara di sekitarnya.

Usia 4-6 Bulan

Pada tahap tumbuh kembang bayi ini terjadi beberapa perkembangan fisik seperti:

  1. Berat badan sekitar 2 kali berat lahir
  2. Perkembangan panjang bada 1,25-2,5 cm setiap bulannya
  3. Penambahan ukuran lingkar kepala 1,25 cm setiap bulannya
  4. Merespons dengan senyum ketika ada yang berbicara atau mengajak bermain
  5. Perkembangan kontak mata dengan sekitarnya
  6. Mampu berguling dari posisi telungkup
  7. Mampu berbicara sepatah dua patah kaya
  8. Mampu menginjak lantai jika diberdirikan
  9. Mampu duduk meskipun harus disangga

Usia 7-9 Bulan

Pada periode ini bayi sudah bisa merangkak dan mendorong benda dengan menggunakan lengan atau kakinya  Di usia ini juga bayi sudah mampu berjalan sendiri dengan berpegangan. Selain itu, pada tahap tumbuh kembang bayi ini juga berat dan panjang badan bayi akan bertambah sekitar 450 gram dan 1,25 cm setiap bulannya.

Usia 10-12 Bulan

Pada usia 12 bulan, berat badan bayi akan bertambah hingga 3 kali lipat dari berat badan saat lahir. Pada periode ini juga bayi sudah mampu mengemut makanan dalam mulut, menunjuk benda yang mereka inginkan dan berdiri bahkan berjalan tanpa bantuan. Bayi juga sudah bisa merespon dengan baik terhadap pertanyaan yang diberikan.

Demikianlah ulasan mengenai tumbuh kembang anak pada usia 0-12 bulan. 5 tahapan tersebut merupakan gambaran umum dari perkembangan bayi. Perlu diketahui, setiap bayi memiliki tahapan perkembangan yang berbeda-beda.

Karena hal tersebut, Anda tidak perlu khawatir jika pertumbuhan bayi Anda berbeda dengan tumbuh kembang bayi yang dijelaskan di atas. Jika terdapat perbedaan yang terlalu jauh, konsultasikan dengan dokter agar Anda bisa mengetahui perkembangan tersebut wajar atau tidak. Semoga bermanfaat.

shares