Saturday, 24 Aug 2019

Jenis-Jenis Obat Cacing Anak dan Cara Minumnya

Jenis-Jenis Obat Cacing Anak dan Cara Minumnya

Cacingan pada anak dapat terjadi salah satunya karena jajan sembarangan. Anda harus memantau apa saja makanan yang dikonsumsi anak saat berada di sekolah. Ini jenis-jenis obat cacing anak dan cara minumnya yang bisa Anda berikan untuk mengatasi masalah cacingannya.

  1. Albendazole

Obat cacing albendazole untuk mengobati infeksi cacing pita. Cara kerjanya dengan membunuh parasit yang sensitif. Cara minum obat ini sebanyak 1 sampai 2 kali sehari yaitu pada pagi hari dan malam sebelum tidur. Bentuk obat cacing ini adalah tablet Jika anak Anda sulit untuk menelan obat bisa dengan cara menghancurkan terlebih dahulu menggunakan air.

Hancurkan di dalam sendok agar mudah diminum oleh anak. Cara lainnya dapat dilakukan dengan mengonsumsi obat bersama buah pisang. Rasa pahitnya tidak akan terasa. Anda bisa mengalihkan perhatian anak dengan rasa manis buah pisang. Pilih buah pisang yang lunak untuk memasukkan obat ke dalamnya.

  1. Pyrantel

Pyrantel adalah obat jenis anti-cacing yang fungsinya untuk mencegah tumbuh dan berkembang biaknya di dalam tubuh. Obat ini dapat mengatasi masalah infeksi karena cacing kremi dan cacing gelang. Obat ini dapat diminum oleh anak sesuai dengan petunjuknya kecuali untuk anak yang usianya di bawah 2 tahun.

Dosis untuk anak-anak yang terkena cacing kremi dengan satu kali minum, hanya saja diulang kembali minum obatnya setelah dua minggu. Jika anak Anda terinfeksi cacing tambang konsumsi obat setiap hari selama 3 hari. Obat ini tersedia dalam bentuk bubuk, suspensi, dan tablet. Anda bisa memilih yang paling sesuai dan mudah diberikan kepada anak.

  1. Mebendazole

Obat cacing anak Mebendazole dapat digunakan untuk mengobati infeksi cacing gelang, cacing tambang, dan cacing cambuk. Cara minum obat untuk usia 2 tahun atau lebih adalah diminum dua kali sehari selama 5 hari. Jika yang dialami adalah cacing Ascariasis obat diminum 2 kali sehari selama 3 hari untuk di atas 2 tahun. Dosis disesuaikan dengan jenis cacing yang dialami.

  1. Combantrin

Jenis obat cacing berikut yang dapat menjadi pilihan dan mudah dibeli di apotek. Combantrin merupakan obat cacing yang di dalamnya mengandung pyrantel pamoat yang berfungsi untuk mengatasi cacing kremi, tambang, dan cacing gelang.

Obat diberikan ketika anak mulai mengalami gejala demam yang membuatnya tidak bernafsu makan. Anda bisa memilih bentuk sirup yang dapat diberikan dengan mudah kepada anak. Cara minumnya tertera dengan jelas di bagian kemasan obat.

Obat cacing anak bisa dipilih sesuai dengan jenis cacing yang menginfeksi. Anak yang mengalami cacingan salah satunya dapat diketahui dengan selera makan yang menurun dan suhu tubuhnya naik turun. Berikanlah anak makanan yang higienis agar tidak mengalami masalah cacingan. Cegah anak untuk jajan sembarangan yang seringnya tidak bersih dan beriko buruk.

shares