Tuesday, 18 Jun 2019

Kemudahan Pengelolaan Asuransi dan Tunjangan Masa Tua dari PT TASPEN

Asuransi dan Dana Pensiun dari PT TASPEN

Hari tua atau masa pensiun kerja tidak selamanya menyenangkan untuk dihadapi. Banyak orang yang merasa takut semakin dekat dengan masa pensiun mereka. Khususnya dari segi finansial dan segi kesehatan. Setelah terbiasa bekerja selama puluhan tahun dengan gaji yang cukup stabil, masa tua bisa menjadi sesuatu yang menimbulkan rasa cemas. Masa pensiun identik dengan tak banyak aktivitas yang dilakukan dan pemasukan yang jauh lebih sedikit, sementara kebutuhan tidak berkurang.

Kekhawatiran ini juga dirasakan oleh ASN atau Aparatur Sipil Negara yang akan menghadapi masa pensiun kerja. Banyak dari pensiunan ASN yang akhirnya tetap bekerja meski sudah masuk masa pensiun baik dengan cara membuka usaha sendiri atau dengan melakukan kerja sampingan. Sedangkan beberapa pensiunan ASN yang tidak bekerja atau tidak memiliki usaha ada pula yang masih bergantung kepada orang lain seperti anak atau saudara. Hal ini tentunya membuktikan pentingnya dana pensiun.

Tentu saja akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Apalagi bagi orang dengan tipe terbiasa mengerjakan segalanya sendirian. Agar seorang ASN dapat mandiri, khususnya secara finansial di masa pensiun, maka pemerintah memberikan jaminan yang dapat digunakan oleh seorang ASN di hari tuanya. Jaminan ini berupa asuransi bagi ASN yang dikelola oleh PT TASPEN (Persero).

Seperti yang diketahui bahwa PT TASPEN (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang mengelola asuransi tabungan hari tua dan juga dana pensiun. Asuransi dan Dana  yang dikelola oleh PT TASPEN ini secara khusus mengelola Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri bagi ASN dan juga Pejabat Negara. Tugasnya sebagai penyelenggara Jaminan Sosial bagi Aparatur Sipil Negara atau ASN juga Pejabat Negara. PT TASPEN (Persero) ini memiliki beberapa program untuk mendukung pensiunan ASN.

Salah satu layanan yang disediakan oleh PT TASPEN (Persero) untuk ASN dan Pejabat Pemerintah adalah tabungan Hari Tua. Program Tabungan Hari Tua merupakan Program Asuransi Dwiguna yang berkaitan dengan usia pensiun serta asuransi kematian. Dana Tabungan Hari Tua akan diberikan kepada peserta atau keluarga peserta jika peserta berhenti karena pensiun, meninggal dunia atau sebab-sebab yang lainnya.

Sedangkan asuransi kematian nantinya akan diberikan kepada pasangan suami/istri yang sah secara hukum atau anak dari peserta atau ahli warisnya. Asuransi kematian yang diberikan kepada anak hanya akan diberikan jika anak tersebut belum pernah menikah, tidak memiliki penghasilan sendiri, dan usianya belum 25 tahun. Selain asuransi kematian, Ada pula program pensiun yang berkaitan dengan dana pensiun.

Sesuai namanya, program pensiun merupakan suatu program yang disiapkan agar ASN atau peserta Taspen dapat menghadapi masa pensiun dengan lebih baik. Program ini merupakan penghasilan yang akan diterima oleh peserta program setiap bulan sebagai jaminan hari tua dan sebagai bentuk penghargaan atas jasanya mengabdi pada Negara Indonesia.

Penerima pensiun memiliki hak atas dana pensiun sendiri, pensiun janda/duda, pensiun yatim/piatu, pensiun orang tua, pensiun terusan, uang duka wafat, dan juga pengembalian nilai tunai iuran pensiun bagi peserta yang diberhentikan tanpa hak pensiun. Setiap peserta program pensiun tentu memiliki kewajiban untuk membayar iuran sebesar 4,75% dari penghasilan setiap bulannya. Selain itu, peserta wajib melaporkan perubahan data peserta, keluarga serta melakukan update status.

Itulah beberapa layanan yang diberikan oleh TASPEN kepada ASN dan Pejabat Negara termasuk dana pensiun. Selain secara konsisten memberikan pelayanan terbaik, saat ini PT TASPEN (Persero) selalu berupaya memberikan kualitas layanan terbaik kepada peserta asuransinya dengan berbagai macam inovasi. Adanya berbagai inovasi ini dapat membantu peserta Taspen menjadi lebih mudah dalam menggunakan layanan TASPEN.

shares