Wednesday, 23 Oct 2019

Ketahui Dulu Efek Sampingnya, Sebelum Ikutan Veneer Gigi

Ketahui Dulu Efek Sampingnya, Sebelum Ikutan Veneer Gigi

Saat ini, pemakaian veneer gigi begitu viral di tengah masyarakat. Salah satu penyebabnya tentu saja karena banyaknya pesohor tanah air yang mempercantik gigi mereka dengan menggunakan veneer ini. Anda mungkin salah satu orang yang juga tertarik untuk menggunakan veneer. Namun, sebelumnya melakukannya, baiknya Anda simak dulu efek samping yang ditimbulkan veneer ini.

  1. Menyebabkan Gigi Menjadi Sensitif

Memang tak semuanya, namun beberapa orang mengalami gigi sensitif setelah melakukan prosedur veneer pada giginya. Menurut American Academy of Cosmetic Dentistry, sensitivitas yang meningkat pada gigi akan dirasakan beberapa hari setelah proses pemasangan veneer. Rasa ngilu yang ditimbulkan karena kondisi gigi yang sensitif ini, tentu akan mengganggu kenyamanan.

  1. Pengikisan Enamel dengan Sengaja

Untuk bisa memasang veneer pada gigi, maka dokter akan mengikis lapisan enamel pada permukaan gigi Anda. Enamel atau juga dikenal dengan istilah email, merupakan lapisan alami pada gigi yang melindunginya dari kerusakan. Setelah enamel dikikis, maka veneer baru bisa terpasang dengan baik. Perlu Anda tahu, enamel yang telah dikikis tak akan bisa tumbuh kembali.

  1. Perbedaan Warna yang Mencolok dengan Gigi Lain

Walau berwarna putih, namun warna veneer memang terlihat begitu mencolok. Jika kebetulan tak semua gigi Anda dilapisi dengan veneer, maka perbedaan warnanya akan terlihat begitu kentara. Apalagi jika veneer yang dipilih adalah porselen, di mana warna putihnya sangat berbeda dengan putihnya gigi asli. Jika Anda ingin veneer gigi, maka harus siap dengan risiko perbedaan warna ini.

  1. Kerusakan pada Gigi karena Pemasangan veneer yang Salah

Penggunaan veneer bisa memicu terjadinya kerusakan pada gigi Anda. Kerusakan berupa keretakan pada gigi atau pembusukan ini, terjadi karena posisi veneer yang dipasangkan oleh dokter tak sesuai pada tempatnya. Alhasil, Anda berisiko mengalami masalah pada gigi dan mulut gigi, seperti iritasi gusi. Pilihlah dokter yang berpengalaman, jika memang ingin melakukan veneer.

  1. Kerusakan pada Lapisan veneer

Ada beberapa alasan mengapa veneer tak bisa dinikmati semua orang, di antaranya karena biayanya dan juga karena kebiasaan orang itu sendiri. Jika Anda terbiasa menggertakkan gigi, maka sebaiknya Anda tak usah menggunakan veneer. Kebiasaan ini dapat membuat veneer rusak, hingga copot dengan sendirinya. veneer yang telah mengalami kerusakan, tak bisa diperbaiki lagi.

  1. Gigi Jadi Tak Sehat karena Pengikiran Gigi

Salah satu langkah dalam memasang veneer adalah dengan melakukan pengikiran gigi. Pengikiran gigi ini tentu saja akan mengubah bentuk alami dari gigi Anda. Efek yang ditimbulkan oleh pengikiran gigi ini adalah gigi jadi rentan mengalami kerusakan. Anda jadi berisiko mengalami gigi sensitif dan gigi berlubang, karena ada bagian pelindung gigi yang harus dibuang saat dikikir.

Veneer gigi memang mempercantik penampilan, namun dibalik itu ada beberapa efek samping yang harus ditanggung jika Anda melakukannya. Beberapa efek samping yang ditimbulkan oleh veneer adalah gigi sensitif dan juga pembusukan pada gigi. Bagi Anda yang masih ingin tahu lebih banyak tentang efek samping dari pemasangan veneer, bisa membacanya di parenting.orami.co.id.

shares