Saturday, 7 Dec 2019

Mengenal Lebih Dekat dan Mendalam Polip Usus yang Perlu Anda Ketahui

Mengenal Lebih Dekat dan Mendalam Polip Usus yang Perlu Anda Ketahui

Apa itu polip usus?

Polip kolorektal adalah pertumbuhan yang menjulur keluar dari lapisan usus besar atau rektum. Mungkin ada polip tunggal atau ganda. Polip yang lebih besar dari 1 cm memiliki risiko kanker yang lebih besar yang terkait dengannya daripada polip yang lebih kecil. Faktor risiko termasuk riwayat keluarga polip atau kanker usus besar. Lapisan usus biasanya sehalus bagian dalam lapisan mulutmu. Pertumbuhan jaringan dari lapisan usus disebut sebagai polip usus. Polip dapat tumbuh dari lapisan kecil dan / atau besar usus atau perut. Paling umum, polip berbentuk seperti jamur, dengan batang sempit yang menghubungkan ujung bulkier dinding usus. Polip lainnya lebih rata dan tumbuh langsung di dinding usus. Ukuran polip dapat bervariasi dari di bawah 2 milimeter (kurang dari 1/10 inci) hingga lebih dari 1 inci diameter. Ada dua jenis umum polip termasuk polip adenomatosa dan hamartomatosa. Jenis polip adalah berdasarkan apa penampilannya di bawah mikroskop. Polip adenomatosa biasanya jenis polip yang terlihat di orang dewasa dan ini perlu dievaluasi untuk kemungkinan ganas perubahan. Polip Hamartomatosa adalah jenis polip yang biasanya ditemukan pada anak-anak dan ini jarang menimbulkan kekhawatiran keganasan.

Polip juga dapat dikaitkan dengan beberapa kelainan bawaan, termasuk:

  • Sindrom Gardner
  • Sindrom Peutz-Jeghers
  • Poliposis remaja
  • Poliposis adenomatosa familial
  • Lynch syndrome (kanker kolorektal nonpolyposis herediter, atau HNPCC)

Gejala

Polip kolon pada anak-anak paling sering hadir dengan perdarahan dubur.

Diagnosa

Pemeriksaan dubur dapat mengungkapkan polip yang bisa dirasakan oleh dokter. Namun, pemeriksaan fisik biasanya normal. Tes yang menunjukkan polip:

  • Sigmoidoskopi: pemeriksaan internal usus besar bawah (usus besar), menggunakan alat yang disebut sigmoidoskop
  • Kolonoskopi: pemeriksaan internal usus besar (usus besar), menggunakan alat yang disebut kolonoskop
  • Kolonoskopi virtual
  • Barium enema

Pengobatan

Polip kecil dapat dihilangkan dengan jerat elektrokauter yang melewati sigmoidoscope yang kaku atau fleksibel tetapi karena kolonoskopi total biasanya direkomendasikan pada semua pasien yang memiliki polip, yang terbaik adalah menunggu dan melakukan polipektomi pada kolon yang dipersiapkan dengan baik selama prosedur tersebut.

Lesi besar, tetap, lunak, beludru di rektum biasanya adenoma vili. Tumor ini memiliki potensi tinggi untuk menjadi ganas dan harus dieksisi sepenuhnya. Dengan pasien dibius, ini dapat dilakukan dalam banyak kasus melalui anus. Polip bertangkai (dengan tangkai) dan lesi sessile kecil (non-tangkai) di sigmoid dan di atasnya harus dihilangkan dengan forsep biopsi atau snare elektrokauter yang melewati kolonoskop.

Tergantung pada riwayat kesehatan Anda, faktor usia dan risiko, dokter Anda akan merekomendasikan seberapa sering melakukan skrining untuk kanker usus besar, termasuk seberapa sering Anda harus melakukan tes darah okultisme tinja dan seberapa sering Anda harus melakukan sigmoidoskopi, kolonoskopi atau tes lain yang fleksibel.

Bagaimana diagnosis dibuat?

Jika seorang anak datang dengan polip prolaps, diagnosisnya mudah untuk membuat. Untuk sebagian besar kasus, seorang anak akan dirujuk ke pediatrik gastroenterologis untuk mengeluarkan darah dari bagian bawah usus besar (pendarahan dubur). Dokter Anda akan merekomendasikan akolonoskopi di mana dokter melihat langsung ke besar usus dengan tabung ditekuk sempit dipasang dengan kamera dan cahaya untuk membantu menemukan sumber perdarahan. Ketika polip terlihat, ahli gastroenterologi akan menggunakan alat menggenggam kecil yang pas di dalam kolonoskop untuk mengambil seluruh polip dan Singkirkan.

 Polip kemudian dikirim ke ahli patologi, yang akan melihat di bawah mikroskop untuk menentukan jenisnya. Itu ahli gastroenterologi akan melihat seluruh usus besar dengan kolonoskop untuk memastikan tidak ada polip lain. Biasanya semuanya polip dihapus (kecuali ada sangat banyak atau tidak aman untuk lakukan). Jika anak diketahui memiliki serangkaian temuan tertentu (atau sindrom), diagnosis salah satu poliposis yang disebutkan di atas sindrom dapat dibuat. Untuk beberapa di antaranya, tes genetik khusus dapat dilakukan dengan tes darah untuk memastikan diagnosis.

Apa potensi komplikasi polip?

Polip jarang berdarah dalam jumlah besar, terutama jika rusak off di tangkainya (autoamputate). Mereka dapat menyebabkan jenis khusus penyumbatan usus yang disebut intususepsi. Jika seorang anak ditemukan memiliki polip remaja tunggal, ia biasanya tidak perlu menjalani kolonoskopi lain. Anak yang punya beberapa polip, atau anak-anak yang keluarganya memiliki poliposis khusus sindrom, mungkin perlu menjalani kolonoskopi biasa untuk pengawasan karena polip baru dapat terbentuk dan perlu dihilangkan.

Sumber :

https://www.hopkinsmedicine.org

sumber gambar

shares